Monday, April 28, 2014

Disiplin Dalam Belajar

      Menurut wikipedia disiplin itu adalah perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya. Menurut hemat saya  disiplin itu adalah tindakan konsisten yang dilakukan terhadap hal yang perlu dilakukan atau tidak perlu untuk dilakukan,oke mari kita ambil contoh bila saya ingin membuat hidup menjadi lebih sehat maka saya harus menjaga pola makan baik itu asupan makanan atau jam makan. Apabila jam makan sudah tiba maka sudah seharusnya saya makan dan tidak boleh ditunda lagi begitu pula dengan asupan makanan,saya harus menghindari makanan yang dianggap sebagai junk food dan lebih memilih makanan penuh gizi. Dalam melakukan kegiatan itu pasti akan ada rasa jenuh maka saat itulah sikap disiplin berperan penting,sikap disiplin akan membuat kita tetap pada jalan yang telah kita tentukan hingga apa yang kita inginkan tercapai.


      Disiplin pun bisa diterapkan dalam banyak bidang,misalnya disiplin dalam berlalu-lintas,disiplin dalam menjaga pola makan,disiplin dalam pola tidur/istirahat yang baik,disiplin dalam berolahraga, nah dari sekian banyak disiplin dalam berbagai bidang tersebut salah satu disiplin yang penting adalah disiplin dalam belajar,karena belajar adalah proses untuk meningkatkan kualitas diri. Sebenarnya belajar  pun memiliki arti yang sangat luas karena bisa saja belajar itu tidak hanya pada bidang akademis,tetapi yang saya maksud disini adalah belajar dalam hal akademis. Untuk menggapai impian yang kita inginkan diperlukan kedisiplinan yang tinggi,termasuk dalam belajar,dengan adanya kedisiplinan dalam belajar maka akan membuat proses belajar tersebut menjadi berkualitas. Disiplin dalam belajar dapat dengan berbagai macam cara,salah satu poin kedisiplinan dalam belajar yang penting adalah dapat konsisten terhadap waktu antara belajar dan istirahat. Dengan adanya pembagian waktu belajar yang jelas maka keseimbangan kesehatan rohani dan jasmani akan tetap terjaga. Salah satu hal yang mempengaruhi disiplin adalah motivasi untuk mencapai suatu tujuan,dengan adanya motivasi yang kuat maka kita akan terus berusaha untuk tetap disiplin hingga tujuan kita tercapai.


      Jadi kesimpulannya disiplin dalam belajar merupakan suatu hal yang sangat penting untuk meraih kesuksesan dalam bidang akademis dan kedisiplinan dalam belajar akan muncul apabila memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai tujuannya. Kedisiplinan dalam belajar memegang peranan yang cukup penting untuk menjadikan diri lebih baik,karena dengan adanya kedisiplinan ini maka proses pembelajaran akan lebih  mempunyai hasil.

No comments:

Post a Comment