Friday, October 18, 2013

Merencanakan Bisnis Sewa Lapangan Futsal

Dewasa ini banyak sekali masyarakat(orang) yang melupakan pentingnya berolahraga dalam kehidupan. Padahal menurut studi terbaru, olahraga itu harus dilakukan minimal 150jam/minggu baik itu olahraga berat atau ringan,Oleh karena itu saya ingin membuat bisnis “futsal center” karena futsal adalah olahraga yang dapat dimainkan oleh segala usia,kalangan,profesi,dan untuk membantu pemerintah menciptakan masyarakat yang sehat. Futsal center adalah sebuah tempat berolahraga yang dikhususkan untuk olahraga futsal.Futsal center terdiri dari 1 lapangan standar international dan 2 lapangan ukuran sedang.
Dalam bahasa spanyol Futsal adalah singkatan dari futbol(sepak bola) dan sala(ruangan) jadi dapat dikatakan futsal itu sebenarnya adalah sepak bola yang dimainkan dalam ruangan sehingga olahraga ini dapat dengan mudah diterima di masyrakat karena tidak berbeda jauh dengan sepak bola yang terlebih dahulu dikenal masyarakat sejak jaman dulu. dunia olahraga futsal tanah air yang terus berkembang dengan pesat telah menyita perhatian masyarakat khusus nya para remaja usia 15-23 tahun jadi dapat dikatakan mereka adalah target utama dari bisnis saya.
Untuk memulai bisnis ini tahap awal yang dilakukan adalah perencanaan,perencanaan yang dimaksud adalah penentuan lokasi untuk memulai bisnis,memperhitungkan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis,memperhitungkan hasil yang didapat dari bisnis ini sehingga dapat melakukan perputaran uang agar keuangan tetap dalam kondisi sehat dan menciptakan inovasi karena bisnis ini semakin banyak saingan.
     Untuk pemilihan lokasi memulai bisnis,saya akan memilih tempat yang dimana perkembangan futsalnya masih dalam tahap berkembang,yaitu dimana futsal belum menjadi olahraga yang terlalu diminati.Untuk menentukan modal diperlukan survey secara berkala,karena bahan baku lapangan dan harga tanah akan naik/turun setiap tahun.
     Proses perekrutan tenaga kerja dilakukan dalam 2 tahap yaitu lamaran dan interview. Tenaga kerja dalam bisnis jasa adalah suatu hal yang penting karena kita tidak dapat mengerjakan semuanya sendirian terutama yang menyangkut dengan kepuasan pelanggan,untuk itu diperlukan tenaga kerja yang sabar dalam menghadapi customer,murah senyum,dan cekatan dalam menghadapi masalah yang muncul secara tiba-tiba.

     Dalam dunia usaha kita tidak boleh menghiraukan tanggung jawab sosial perusahaan kita terhadap masyarakat sekitar dan lingkungan yang ada.Dalam hal ini contoh yang dapat dilakukan bisnis saya terhadap tanggung jawab sosial adalah melarang pengguna/calon pengguna lapangan untuk membawa minuman keras,narkotika,dan senjata tajam.Melakukan tindakan tegas apabila terdapat keributan yang menyebabkan terganggunya lingkungan sekitar yang disebabkan oleh pengguna/calon pengguna lapangan.Memberikan pengobatan pertama gratis kepada pengguna lapangan apabila mengalami cedera ringan.

No comments:

Post a Comment